. Inilah 30 ikon kuliner tradisional Indonesia ! | Aneka Indonesia

Featured Post

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H - 2015 Berbagai Bahasa

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H ...

Inilah 30 ikon kuliner tradisional Indonesia !

30 ikon kuliner tradisional Indonesia

Inilah 30 ikon kuliner tradisional indonesia !
30 ikon kuliner tradisional Indonesia ! - Siapa lalu mengakui bahwa kuliner di Indonesia amat banyak macamnya, dimulai dari bermacam racikan nasi, sebagai makanan harus orang Indonesia, macam kue, sayur serta lauk pauk, sampai bermacam minuman. 

Banyaknya macam kuliner Indonesia menyebabkan sulitnya mendeskripsikan mana yang terhitung makanan khas Indonesia. dikarenakan itu butuh ditetapkan type makanan tradisional yang bisa jadi ikon, mewakili kuliner Indonesia di event nasional serta internasional. 

Menurut firmansyah, ada 70 type calon ikon kuliner tradisional Indonesia, yang lantas dikerucutkan jadi 30 ikon kuliner tradisional Indonesia. kuliner tersebut terdiri dari kuliner pusaka, kebiasaan serta unggulan, dimulai dari makanan pembuka, sampai penutup. 

30 ikon kuliner tradisional Indonesia

Tiga puluh ikon kuliner tradisional Indonesia telah resmi diperkenalkan. menentukan makanan tradisional yang jumlahnya beberapa ratus dari 33 propinsi bukan hanya pekerjaan gampang. bagaimana penentuan ini dikerjakan ? apa yang dapat dikerjakan dengan 30 ikon kuliner ini ? 

Mengingat pesatnya perubahan jalinan global antar negera, tentunya Indonesia butuh identitas budaya terutama kuliner. dengan penentuan makanan tradisional sebagai ikon nasional meringankan promosi ke pasar global. kuliner lokal lantas gampang dikenali diantara bermacam kuliner dunia. 

Untuk memastikan makanan tempat yang pantas lantas ikon nasional tentulah bukan hanya pekerjaan gampang. karenanya kementrian pariwisata serta ekonomi kreatif membentuk grup kerja yang bertugas bikin inventaris hidangan tradisional Indonesia. 

Sesudah diperoleh 70 hidangan tradisional yang dikira pantas lantas ikon, barulah diselenggarakan uji rasa serta penyaringan kembali. adapaun persyaratan pemilihannya diantaranya, kemudahan memperoleh bahan, dikenal dengan luas oleh penduduk serta ada pelaku profesional yang membuatnya tak hanya ibu rumahtangga.  

Dari 30 ikon kuliner yang terpilih ini diujirasa hingga mempunyai resep yang baku serta dapat dibikin dimana saja. terdiri dari makanan pembuka, utama serta dessert. dari 30 ikon ini diinginkan dapat disusun set menu a la barat serta bsia di sajikan didalam jamuan negara atau acara istimewa didalam serta luar negeri. 

Di bawah ini daftar 30 ikon kuliner tradisional Indonesia yang sudah ditetapkan oleh kemenparekraf jumat ( 14/12 ) : 

1. ayam panggang bumbu rujak 
2. gado-gado jakarta 
3. nasi goreng kampung 
4. serabi bandung 
5. sarikayo minangkabau 
6. es dawet ayu banjarnegara 
7. urap sayuran jogjakarta 
8. sayur nangka kapau 
9. lunpia semarang 
10. nagasari jogjakarta 
11. kue lumpur jakarta 
12. soto ayam lamongan 
13. rawon surabaya 
14. asinan jakarta 
15. sate ayam madura 
16. sate maranggi purwakarta 
17. kalpertaart manado 
18. tahu telur surabaya 
19. sate lilit bali 
20. rendang padang 
21. nasi tumpeng 
22. orak-arik buncis solo 
23. pindang patin palembang 
24. asam padeh tongkol padang 
25. nasi liwet solo 
26. es bir pletok jakarta 
27. kolak pisang ubi bandung 
28. ayam goreng lengkuas bandung 
29. laksa bogor 
30. kunyit asam solo

kuliner tradisional | kuliner tradisional indonesia | kuliner tradisional jakarta | kuliner tradisional di bandung | kuliner tradisional bandung | kuliner tradisional jogja | kuliner tradisional jawa tengah | kuliner tradisional solo


0 Response to "Inilah 30 ikon kuliner tradisional Indonesia ! "

Google+ Badge