. Bagaimana Cara Membuat Rangkaian LED Display | Aneka Indonesia

Featured Post

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H - 2015 Berbagai Bahasa

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H ...

Bagaimana Cara Membuat Rangkaian LED Display

Bagaimana Cara Membuat Rangkaian LED Sederhana

Bagaimana Cara Membuat Rangkaian LED Sederhana - Rangkaian LED sangat mudah untuk desain. LED atau Light Emitting Diode, adalah sumber cahaya dengan arus sangat rendah yang sangat aman dan tahan lama untuk digunakan dalam proyek Anda. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana merancang dan membangun sebuah rangkaian LED yang sangat sederhana

Rangkaian lampu LED adalah rangkaian yang berisikan oleh beberapa komponen LED yang disambung secara seri maupun parallel yang biasanya terdiri dari komponen tegangan input, arus listrik, LED, dan resistor sebagai penghambat arus apabila arus yang dialirkan dari sumber terlalu besar untuk ukuran LED. LED (Light Emitting Diode) adalah sejenis komponen diode semikonduktor yang akan menghasilkan ruang deplesi atau P-N junction, ketika electron dan hole mengalir kepada junction dengan tegangan yang berbeda maka electron akan melepaskan energy photonnya dikarenakan energy electron dalam tingkat yang lebih rendah. Rangkaian lampu LED sendiri telah berkembang bukan hanya rangkaian switch LED lagi, tetapi sudah dikembangkan untuk pengaplikasian sinyal logika bagi LED.

Alat dan Bahan yang harus Anda siapkan :
  • LED's
  • Resistor
  • Battery or power source

Langkah-langkah Cara Membuat Rangkaian LED Sederhana

1. Langkah pertama adalah memilih berapa banyak LED, cahaya dan jenisnya (warna, kecerahan). Dengan rangkaian sederhana ini Anda akan membatasi jumlah tegangan yang aman untuk proyek Anda. 

2. Hitung jumlah tegangan yang Anda butuhkan dari power supply Anda. 

Carilah "tegangan maju dioda" spesifikasi dari situs pembuatan atau kemasan. Jika Anda tidak memiliki informasi ini Anda dapat menggunakan berikut untuk memperkirakan: 

Merah atau orange 2.0 V 
Kuning 2.1 V 
Hijau 2.2 V 
True Green , Biru, Putih 3,3 V 
Biru (430 nm) 4,6 V 

Katakanlah Anda ingin memiliki 3 LED warna merah di rangkaian . Hanya menggunakan nilai tegangan maju dioda. Jadi, 3 x 2.0 = 6V, diperlukan. 

3. Memilih Sumber Tegangan
Tegangan DC bekerja paling mudah. AA, AAA, 9V atau baterai yang murah dan mudah untuk proyek sederhana. Anda harus memotong steker dari ujung kabelnya. Gunakan multimeter untuk menentukan lead positif dan negatif. 

Tegangan AC juga dapat dirancang dalam rangkaian. AC hanya akan mendorong setengah LED dari waktu sejak perjalanan tegangan dalam gelombang. Sebuah gelombang penuh  penyearah dapat digunakan untuk powerLED sepenuhnya. 

Carilah power supply lebih besar dari yang dihitung dioda nilai tegangan maju dari langkah 2 Dalam kasus ini, dihitung 6 volt. Nilai power supply lebih besar dari 6 volt akan dibutuhkan. Jika Anda menyalakan sejumlah besar LED, saat ini mungkin juga penting. 


4. Hitung Nilai resistor LED yang diperlukan.

LED tidak dapat terhubung langsung ke baterai atau power supply. LED akan langsung terbakar karena arus terlalu besar. Jadi arus harus dikurangi. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan resistor. Hitung nilai resistor LED dengan rumus sebagai berikut: 

Nilai Resistor LED 
R = (suplai tegangan - tegangan LED) / Arus LED

Dalam kasus ini: 

Katakanlah kita menggunakan baterai 9V, kemudian suplai tegangan = 9V. 
tegangan LED untuk LED merah, dari Langkah 2 adalah 2,0 V 
arus LED adalah 20 mA (ini adalah nilai standar jika tidak disediakan oleh produsen) 

Jika nilai resistor tidak tersedia, kemudian pilih nilai standar terdekat resistor yang lebih besar. Jika Anda ingin menghemat baterai Anda dapat memilih nilai resistor yang lebih tinggi untuk mengurangi arus. Menurunnya arus akan menghasilkan LED yang kurang terang/redup. 

R = (9-2,0) / 20 mA = 350 ohm, menggunakan nilai standar yang lebih tinggi berikutnya = 360 ohm 

5. Hubungkan dengan kabel rangkaian Anda 

Anda dapat menyolder kabel langsung bersama-sama, gunakan crimp konektor, atau menggunakan papan sirkuit kecil. Pilih metode terbaik berdasarkan ukuran proyek Anda. 

6. Langkah terakhir adalah untuk menyusun LED dalam proyek Anda. Anda dapat menambahkan tombol push sesaat atau switch  on / off untuk rangkaian LED Anda. Merancang dan membangun rangkaian LED sederhana adalah proyek yang mudah.  Bagaimana Cara Membuat Rangkaian LED Sederhana

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Rangkaian LED Display"

Google+ Badge