. Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia | Aneka Indonesia

Featured Post

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H - 2015 Berbagai Bahasa

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H ...

Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia - Sebagai warga negara Indoesia yang baik maka kita harus tahu dasar Negara kita, ya benar Pancasila. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ideologi-Pancasila-Sebagai-Dasar-Negara-Indonesia
Ideologi-Pancasila-Sebagai-Dasar-Negara-Indonesia
Pancasila terdiri atas dua kata yang berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu panca yang berarti 'lima' dan sila yang berarti 'prinsip' atau 'asas'. Ideologi Pancasila merupakan rumusan dan pedoman dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila artinya lima dasar atau lima asas yaitu nama dari dasar negara kita, Negara Republik Indonesia.

Ideologi Pancasila terdiri atas lima tonggak utama, yaitu:
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Ideologi Pancasila memiliki arti sebagai dasar negara yang mengakui dan mengutamakan keberadaan agama di dalam pemerintahan. Oleh karena itu, seluruh warga negara Indonesia jangan meragukan lagi konsistensi ideologi Pancasila terhadap agama dan tidak perlu lagi mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi yang berbasis agama dengan alasan ideologi Pancasila bukanlah ideologi yang berlandaskan agama. Sebaliknya, ideologi Pancasila merupakan ideologi beragama.
Seharusnya, di antara umat beragama itu saling tolong-menolong. Janganlah membuat permusuhan dan diskriminasi kepada umat yang berbeda keyakinan, agama, dan berbeda adat istiadat. Inilah yang terkandung dalam ideologi Pancasila.

Ideologi Pancasila juga mengandung makna bahwa setiap pemeluk agama baik yang mayoritas maupun minoritas jangan saling merendahkan. Jangan pula menerapkan aturan yang secara tidak langsung atau langsung memaksakan peraturan agama yang diyakini kepada pemeluk agama lainnya dengan alasan moralitas.
Ideologi Pancasila juga mengakui lima agama yang ada di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu. Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

0 Response to "Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia"

Google+ Badge