. Pengertian HAM di Indonesia | Aneka Indonesia

Featured Post

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H - 2015 Berbagai Bahasa

Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1436 H ...

Pengertian HAM di Indonesia

Pengertian HAM di Indonesia

Pengertian HAM di Indonesia - Pengertian HAM di Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Apakah Anda sudah tahu pengertian HAM?. Hak dan kewajiban adalah 2 hal yang harus dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Hak asasi Manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1.

Hak asasi manusia sampai saat ini masih menjadi isu dan pembahasan negara-negara di dunia, khususnya di Indonesia yang masih terdapat pelanggaran hak asasi manusia. Dengan merujuk kembali kepada pengertian hak asasi manusia yaitu hak yang ada pada setiap diri manusia tanpa melihat perbedaan ras, agama, suku, jenis kelamin, kedudukan dan lain sebagainya, hak asasi sudah ada dan dimiliki sejak lahir.

Di Indonesia ataupun di negara-negara dunia manapun sudah seharusnya jika seseorang atau sekelompok orang melanggar dan bertentangan dengan hukum yang berlaku dinegaranya akan mendapatkan hukuman sesuai dengan ketentuan dan aturan yang sudah berlaku.

Pengertian HAM di Indonesia

Di Indonesia permasalahan seputar hak asasi manusia diurus atau diorganisir oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), tokoh yang terkenal di Indonesia yang total memperjuangkan hak asasi manusia di Indonesia adalah Munir, yang kematiannya membawa duka bagi semua rakyat di Indonesia.Sumber hak asasi manusia di Indonesia adalah Pancasila, sebagai falsafah bangsa.

Dalam artian pelaksanaannya harus berdasarkan ketentuan falsafah manusia. Isi pancasila adalah:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.

3. Persatuan Indonesia.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyaaratan perwakilan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia.

Tak hanya terdapat dibutir-butir pancasila, hak asasi manusia di Indonesia juga tercantum dalam ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998 mengenai hak asasi manusia, Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 mengenai hak asasi manusia. 

Sedangkan pada Undang-Undang Dasar 1945, Pengertian mengenai hak asasi manusia terdapat dalam pasal-pasal sebagai berikut:

Pasal 27 ayat 1:Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. 

Pasal 28 : Kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.

Pasal 29 ayat 2: Negara menjamin kemerdekaan tiap tiap penduduk untuk memeluk agama-nya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Pasal 30 ayat 1: Tiap-tiap warga negara berhal mendapat pengajaran

Pasal 30 ayat 2: Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.Dari butir-butir pancasila dan tap MPR 

Pengertian hak asasi manusia, bukan hanya dihapalkan saja. Ia harus dipahami, dihayati dan diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Kesadaran akan hak asasi manusia, akan berhadapan dengan hak-hak orang lain, agar keharmonisan tetap terjaga perlu juga kesadaran akan "kewajiban", yaitu kewajiban menghargai hak asasi manusia atau orang lain. Pengertian HAM di Indonesia

0 Response to "Pengertian HAM di Indonesia"

Google+ Badge